Words stand 4 MAPM

SALAM SUKSES, MULIA, BAHAGIA dari segenap keluarga besar Madrasah Aliyah Perguruan Mu'allimat (MAPM) Cukir, Jl. Kediri 2 - 3 Cukir Diwek Jombang Jatim. KP:61471. Tlp. 0321 862932. Fax 0321 862530. FB. mapm.cukir Blog mapmcukir.blogspot.com, juga Yayasan Badan Waqaf KHM. ADLAN ALY..... SEMOGA ALLAH LIMPAHKAN ANUGERAHNYA ATAS QTA. Terimakasih

Info jalan ini husus tuk Guru n Siswi MAPM bulan ini (maaf pihak lainnya)

Yth. Guru MAPM,Dimohon Membaca dg Klik tulisan biru/ungu ini Pemberkasan Guru MAPM Nov 2013

Kamis, 20 Juni 2013

Seragam Pramuka PENEGAK, PANDEGA, PEMBINA, & MABI

Untuk diketahui (sekaligus laporan transparansi kegiatan pengurus MAPM Cukir sehabis kegiatan husus/workshop). Berikut sebagian hasilnya:
Maksud peraturan bupati Jombang No.05, Keputusan dan Surat Edaran  Kakandepag Jombang No. 13.17, & Surat Edaran Kwarcab Jombang No 110, yg intinya tentang hal-hal terkait Pramuka, adalah sbb.:
  1. Karena banyak generasi muda yang terjebak pada degradasi moral/karakter/pekerti, padahal mereka adalah pemimpin masyarakat di masa depan, maka kegiatan pramuka di Jombang dijadikan salah satu bagian dari ekstrakurikuler yang wajib (bukan sekedar pilihan).
  2. Seragam pramuka dikenakan   MURID  pada hari Jumat & Sabtu atau Sabtu & Ahad.
  3. Seragam pramuka dikenakan  oleh semua GURU (baik yang dimohon meluangkan waktu untuk jadi  pembina nantinya atau tidak)  pada hari SABTU  saja.
  4. Kegiatan Pramuka itu intinya adalah pembinaan  GOOD CHARACTER.
  5. Pembina Pramuka itu harus GURU  (yang normalnya bisa n pengalaman dalam pembinaan karakter). Kalau yang membina latihan itu sekedar bisa nglatih dan belum "GURU", dianggap belum mumpuni, makanya ya terkesan pramuka itu diajari nyanyi & bertepuk-tepuk saja, nggak ada yg lain (maaf yaa..... tafsiran ini yg ngatakan Tutor  workshop yg sudah ikut KMD, KML, KPD, & KPL, untuk perbaikan Pramuka Jombang ke depan)
Nah.... 
    SISWI-SISWI & GURU-GURU di MAPM Cukir perlu siap-siap mulai dari sekarang (lha kalau tidak ..... mosok seragame model KD, alias "karepe dewe" ,  kan ... nggak OK jadinya). Juga .... kalau Tapel baru kebiasaannya beli seragam, yaa.. sekalian yang modelnya bener gitu lho, daripada mubadzir.
    Logika berfikirnya: Pramuka gudep pangkalan MAPM itu kan bagian terbawah dari struktur organisasi Pramuka Nasional. Yaa ..... tidak pas bin tidak logis lah, n tidak cerdas kalau seragam pramukanya tidak menyesuaikan dengan keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka (pasti ada yang komentar: "kan .... tidak haram, pakai yg lain." yaa .... monggo diangen-angen biyambak, he he he).
   Berikut ini contoh-contoh gambar pakaian yang dipakai dan model/design jahitannya sesuai Kep. KWARNAS Jakarta. Monggo dipun cermati nggih (nek saged gambare dipun save image as , terus nek tumbas/njahitaken, pados ingkang pas).
Contoh sebagian    SERAGAM PRAMUKA    terbaru:

01. Seragam Harian Pramuka PENEGAK (seusia SISWI MAPM Cukir) & PANDEGA Muslim Putri


Saku bajunya ada dua, di bagian bawah, tidak pakai tutup.
Topinya dari bahan kain. Pakaian bawah bisa celana bisa rok panjang.
Setangan lehernya bisa di dalam kerah spt. yg lelaki kalau kerudung dimasukkan baju.
Setangan bisa juga di luar kerudung bila kerudungnya tidak dimasukkan baju.

02. Seragam Harian Pramuka PEMBINA Muslim (semisal ustaadz ustaadzah MAPM   )

Pakai songkok hitan.





Saku bajunya ada dua, di bagian bawah; tidak pakai tutup.
Pakai kopyah husus. Pakaian bawah bisa celana bisa rok panjang.
Setangan lehernya bisa di dalam kerah spt. yg lelaki kalau kerudung dimasukkan baju.
Setangan bisa juga di luar kerudung bila kerudungnya tidak dimasukkan baju.

03. Seragam Harian Pramuka MABI Muslim (Majelis Pembimbing, semisal kepala Sekolah MAPM)








04. Seragam Upacara Pramuka Dewasa baik umum atau muslim (semisal ustaadzah & Mabi di MAPM)

Model jahitan bajunya mirip safari. Sakunya 4, saku bawahnya juga ada tutupnya.

Model jahitannya mirip safari. Sakunya 4, saku bawahnya juga ada tutupnya.

05. Model SETANGAN LEHER (sama  untuk semua baik PUTRI ATAU PUTRA, hanya berbeda cara memakainya di leher, lihat gambar pakaian yang dikenakan putri di atas):












Poskan Komentar